7 Cara Menemukan Ide Bisnis

7 Cara Menemukan Ide Bisnis

Beberapa waktu lalu saya mendapatkan DM di IG @ngobrolbisnis seperti ini:

Banyak sekali yang DM ke saya dengan pertanyaan serupa. Bingung untuk menentukan mau bisnis apa?

Pada tulisan ini semoga bisa menjawab pertanyaan dari temen-temen yang bingung ingin memulai bisnis.

Secara garis besarnya mereka yang bingung mau bisnis biasanya karena tidak bisa menemukan ide bisnis. Padahal sudah ada modal.

Seperti penanya di atas, ia sudah memiliki modal 20 juta. Sepengalaman saya dalam membuka sebuah bisnis dengan modal yang lumayan banyak dan pada akhirnya berujung pada kegagalan. Bahwa modal yang banyak bukanlah penentu suksesnya sebuah bisnis.

Tanpa ilmu dan strategi yang tepat untuk mengembangkannya. Modal sebanyak apapun akan berujung pada kegagalan.

Di bawah ini ada beberapa cara menemukan ide bisnis yang bisa Anda lakukan.

1. Searching

Cara yang paling simple yang bisa Anda lakukan adalah dengan searching atau googling.

Searching yang saya maksud di sini bukan hanya mencari melalui google tapi juga Youtube, Sosial media dan media lainnya seperti melalui buku, majalah bisnis dan lainnya.

Dengan mencari di internet Anda akan banyak menemukan ide bisnis yang bisa Anda jalankan. Bahkan tidak jarang ada yang menawarkan peluang bisnis dengan modal yang minim.

Tinggal Anda pilah pilih mana yang menjadi minat Anda.

2. Hobi/Passion

Cara yang kedua untuk menemukan ide bisnis adalah dengan melihat apa hobi atau passion Anda.

Misalnya Anda memiliki hobi bersepeda. Anda juga ikut komunitas speda, setiap hari Anda berkeliling menggunakan speda. Nah, hobi ini bisa Anda jadikan sebagai bisnis.

Seperti menjual aksesoris sepeda atau bahakan menjual spedanya langsung.

Sekarang adakah hobi atau passion Anda yang bisa di jadikan bisnis?

3. Melihat Peluang di Sekitar

Sebenarnya di sekitar kita banyak sekali peluang bisnis yang bisa di garap. Hanya saja kita kurang peka dalam melihat pelaung itu.

Seperti misalnya saya yang tingal di dekat sekolah-sekolah.

Beberapa meter dari rumah saya terdapat 2 SD dan 2 Madrasah, jadi saya di kelilingi oleh sekolah yang dari situlah saya melihat ada peluang bisnis yang bisa di garap.

Misalnya saya bisa membuka bimbel untuk SD. atau membuka Toko ATK (Alat Tulis Kantor) atau bisa juga menyediakan kebutuhan sekolah.

Nah, sekarang Anda bisa melihat peluang di sekitar Anda. Kira-kira hal apa yang bisa Anda jadikan sebuah bisnis?

4. Berdasarkan Keterampilan

Sekarang ambil kertas lalu tulis apa saja yang menjadi keterampilan Anda. Jika sudah lihat di antara keterampilan Anda mana yang bisa dijadikan sebuah bisnis.

Seperti misalnya saya terampil dalam Sosial Media Marketing, saya bisa membuka bisnis jasa Sosial Media Marketing. Saya juga bisa melakukan service Laptop/PC yang juga bisa dijadikan sebuah bisnis.

Kalau saat ini Anda tidak memiliki keterampilan apapun, sebaiknya BELAJAR!.

Ada banyak kursus yang bisa Anda ikuti untuk menambah skill Anda. Setelah Anda menguasai skill tersebut Anda bisa membuka bisnis berdasarkan keahlian Anda itu.

5. Jurus ATM

Dalam berbagai hal jurus ATM (Amati Tiru Modifikasi) ini sangatlah ampuh, bahakan untuk mencari ide bisnis.

Anda bisa mengamati bisnis yang ada di sekitar Anda, amati dan pelajari. Jika di rasa Anda yakin dan bisa membuka bisnis seperti apa yang Anda amati, Anda bisa membuka bisnis serupa. Tentu saja dengan modifikasi yang lebih baik.

Saya jadi teringat dengan Waroeng Upnormal yang menjual Indomie. Tapi Waroeng Upnormal membuatnya berbeda dengna warung yang menjual indomie pada umumnya. Ia lebih unik dan terget pasarnya pun jelas.

6. Temukan Masalah, Hadirkan Solusi

Masalah: Macetnya jakarta membuat para pekerja jadi terlambat masuk kantor, sehingga mereka membutuhkan kendaraan yang bisa nyelap-nyelip ketika macet.

Solusi: Hadirlah Ojol (Ojek Online) yang bisa di pesan melalui aplikasi, yang akan menjemput Anda sesuai lokasi penjemputan di aplikasi.

Begitu juga dengna hadirnya go food yang melihat malasnya orang untuk memesan makanan.

Ada banyak bisnis yang di buka dari sebuah masalah. Saya kasih contoh lagi.

Masalah: Kelebihan berat badan

Dalam masalah ini Anda bisa menghadirkan solusi berupa

Solusi: Obat penurun berat badan yang sudah teruji dan banyak yang turun berat badannya setelah mengkonsumsi obat tersebut.

Dari contoh di atas Anda bisa menemukan ide bisnis. Kira-kira masalah apa yang bisa Anda selesaikan.

Seperti saya yang membuka Kelas Magnet Followers. Kelas tersebut hadir untuk mengatasi masalah orang-orang yang sulit meningkatkan followers instagramnya.

Sekarang apa masalah dan solusi yang bisa Anda selesaikan?

7. Ikut Seminar Bisnis

Ikut wokshop atau seminar bisnis menjadi pilihan yang tepat ketika Anda bingung mau bisnis apa. Dengan mengikut seminar Anda akan bertemu banyak orang, baik pebisnis atau bukan. Anda bisa bertanya kepada mereka dan menjalin networking.

Tidak jarang ketika Anda mengikuti seminar bisnis, kepala Anda akan di penuhi dengan berbagai ide bisnis yang bisa Anda jalankan.

Tapi Anda tidak bisa menjalankan semuanya. Pilih satu dan fokuslah di sana.

Oke, itulah ke 7 Cara Menemukan Ide Bisnis dari saya. Semoga tulisan saya ini bisa mencrahkan Anda untuk segera menemukan ide bisnis yang cocok dan sesuai dengan minat Anda.

 

-Andri Afrizal Hakim

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *