Cara Sukses Jualan Online Bagi Pemula

Cara Sukses Jualan Online Bagi Pemula

Memilih jenis bisnis online

Tahap awal Cara Sukses Jualan Online yang paling penting dalam memulai bisnis online adalah mengubah mental  yang kamu miliki. Menjalankan bisnis online sebenarnya memiliki perbedaan yang jelas dengan bisnis offline yang dikerjakan secara langsung. Bisnis online memiliki banyak jenisnya sendiri.

Misalnya saja seperti menjadi reseller, ketika kamu menjadi reseller kamu tidak perlu membuka usaha sendiri sejak awal. Yang kamu lakukan adalah mencoba mencari peluang, misalnya seperti tips jualan online di instagram dan menemukan rumah produksi yang cocok, untuk kemudian kamu jadikan sebagai partner untuk berbisnis.

Ketika kamu menjadi reseller, kamu akan mengurangi setengah dari biaya produksi yangs eharusnya kamu tanggung sendiri. Kamu mendapatkan kesempatan untuk langsung melakukan penjualan, tanpa harus memusingkan kegiatan pencarian bahan, pembuatan, hingga tinggal menerima hasil jadi.

Berbeda dengan reseller, ada juga yang dinamakan sebagai dropshipper. Jika reseller menggunakan produk yang ada tadi menjadi barang dagangannya, yang ia terima langsung dari penjual utama, maka justru dropshipper sama sekali tidak melakukan itu.

Bisa dikatakan dropshipper adalah orang yang memiliki posisi sebagai jembatan antara penjual dan pembeli. Tugasnya berputar pada kegiatan melakukan penawaran produk kepada konsumen, dan jika konsumen mengatakan berminat dan akhirnya membeli, maka selanjutnya ia meneruskan ke penjual utama.

Masalah pengirimanpun bukan berada pada ranah dropshipper, sebab semua barang memang masih berada di tempat penjual utamanya. Bagi kamu yang tidak memiliki terlalu banyak modal untuk memulai jualan online, maka menjadi dropshipper justru akan sangat memudahkan kamu lho.

Tidak seperti reseller yang memerlukan dana untuk modal barang, dropshipper menggunakan modal dalam skala yang lebih kecil, sebab memfokuskan kegiatannya pada promosi barang saja, namun tidak harus terlibat dalam proses produksi dan pengiriman.

Nah, sebelum kamu memulai kegiatan jualan online, kamu harus mengetahui terlebih dahulu jenis bisnis yang manakah yang ingin kamu tekuni. Apakah kamu berniat untuk membuka bisnis dari awal, atau memulainya untuk menjadi reseller dan dropshipper dulu.

Mental harus tahan banting

Dalam Cara Sukses Jualan Online, hal yang harus diperhatikan adalah, hilangkan ketakutan untuk mencoba, dan hindari rasa puas. Sebab bisnis online bukanlah suatu yang stagnan dan bisa bertahan dalam waktu lama, tanpa gangguan. Satu strategi saja tidak akan pernah cukup untuk membuat bisnis tersebut bertahan.

Kamu harus tetap berani untuk mencoba cara bisnis online di instagram, dan platform bisnis lainnya, untuk mengetahui strategi mana yang paling tepat, sebab tanpa mencoba satu per satu, kamu akan benar-benar kesulitan melihat perbandingannya, untuk kemudian menentukan mana yang balik efektif. Oleh sebab itu, selalu sediakan ruang untuk bereksperimen dan improvisasi.

Kamu bisa bayangkan ada berapa ribu toko online yang saat ini sedang naik daun di Indonesia. Mulai dari platform yang bekerja sama dengan e commerce, lalu ada yang menggunakan situs web sendiri, ada pula yang mengintegrasikannya dengan akun social media yang dimiliki.

Ada banyak pesaing dalam usaha online saat ini, sehingga kamu harus menyiapkan dirimu agar tidak gampang tumbang. Kamu harus menyiapkan diri dengan banyak ide dan strategi, terlebih lagi bagi kamu yang masih pemula, dan merintis dari awal, maka kamu memiliki banyak pekerjaan rumah yang menunggu. Namun susah bukan berarti tidak bisa ya!

Harus selalu online

Bayangkan deh ketika kamu sedang berbelanja di toko, dan pedagangnya lama sekali merespon. Apa yang kamu rasakan? Kesal, sebal, malas, dan ogah rasnaya untuk berbelanja lagi. Malahan mungkin kamu memutuskan untuk pergi saja dan membatalkan pesanan.

Nah, inilah yang akan terjadi jika kamu berjualan online namun tidak sering online. Saat ini persaingan di internet rentang waktunya hanya sepersekian detik. Bisa kamu lihat dari kegiatan-kegiatan flash-sale yang saat ini sedang tren. Dalam satu menit saja ratusan bahkan ribuan item bisa ludes disabet penjual. Apa artinya?

Artinya adalah bahwa pasar di Indonesia ini sangat besar. Jangan takut kamu tidak akan mendapatkan konsumen, sebab kenyataannya pangsa pasar saat ini bahkan membeludak. Yang kedua adalah bahwa kecepatan penjualan online saat ini tidak main-main lagi.

Hanya dalam sepersekian detik item bisa terjual, pesanan bisa sampai, dan penjualan bisa dibatalkan. Karena itu penting dan bahkan wajib adanya bagi kamu untuk tetap terhubung dengan pelanggan dan calon pelanggan secara online.

Jangan sampai shopmu ngadat. Kamu harus tetap update setiap hari. Jangan ragu bahkan untuk mengingatkan pelanggan dengan mengunggah ulang foto-foto produk yang kamu miliki. Namun hati-hati ya, jangan sampai kamu malah menjadi spam.

responnya gesit

Untuk usaha yang baru dirintis, mungkin kamu masih bisa menggunakan customer service sendiri saja, atau bisa dibantu dengan tambahan satu orang lagi. Namun jika memang sudah memiliki usaha yang lumayan berkembang nanti, customer service harus ditambah.

Pelayanan yang gesit, tepat, namun harus tetap ramah merupakan idaman para konsumen jualan online saat ini. Rasanya mereka begitu membeli, ingin barangnya langsung sampai. Atau ketika menghubungi, langsung segera dibalas. Atau bahkan ketika melakukan komplain, harus langsung diselesaikan. Jika tidak, maka akan berpengaruh pada kepercayaan dan loyalitas yang mereka miliki.

Hanya karena kamu bekerja di dunia maya, bukan berarti kamu melupakan standar seharusnya penjual kepada pelanggannya. Bersikaplah sopan, ramah, dan jangan sampai mereka merasa terganggu.

Untuk melakukan analisa dan perbandingan mengenai customer service, kamu bisa melakukan pengamatan dengan cara membeli barang di beberapa online shop berbeda. Hal ini bertujuan untuk mengetahui aplikasi apa saja yang digunakan untuk berkomunikasi, kecepatan mereka dalam merespon, dan bagaimana mereka memberikan respon kepada calon konsumen.

Kamu bisa memilih online shop yang memiliki bidang usaha sejenis dengan yang kamu jalani, atau bisa juga memilih online shop beragam, untuk analisa dan pengalaman yang lebih luas. Bersikaplah ramah dan jadilah penjual yang cerdas! Jangan sampai kamu terlihat lambat di mata pelanggan.

Cari banyak feedback

Kamu bisa meminta testimoni dari pelanggan yang sudah menerima produk pesanannya. Bagaimana pendapatnya tentang pelayanan dan juga produkmu. Tentu saja—pendapat yang baik tentunya. Testimoni ini berguna sebagai salah satu cara mempersuasi atau meyakinkan calon pelanggan mengenai barang yang kamu jual.

Dengan adanya banyak testimony, menunjukkan kamu sudah melakukan penjualan dalam jumlah banyak. Testimoni juga bisa menunjukkan kepuasan pelanggan.

Itu dia beberapa cara untuk sukses Cara Sukses Jualan Online atau cara jualan online bagi pemula bagi kamu yang masih baru mencoba. Ingat dalam berjualan online, komitmen adalah hal yang harus kamu jaga.

Jangan mudah menyerah dan putus asa, sebab persaingan yang kamu temui pasti ada di mana-mana. Jangan lupa juga untuk mencari banyak referensi.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *